Selasa, 19 Agustus 2014

Kamus Pintar Wayang

Rp.50.000,-

Judul: Kamus Pintar Wayang
Penulis: KI Ageng Kapalaye
Penerbit: LAKSANA
Berat: 500gr
Harga: Rp.50.000,-   belum termasuk ongkir.
Kondisi: Baru, masih dibungkus plastik dari penerbit
Dijamin.

Buku ini memuat banyak sekali entri seputar dunia wayang, terutama nama tokoh-tokoh berikut kisahnya, baik dari versi asli (Mahabharata dan Ramayana), yang sebelumnya telah hadir di India, maupun versi pewayangan Jawa yang dalam beberapa cerita telah mengalami perubahan mencolok.

Karena mengalami perubahan tersebut, ada banyak tokoh dalam kisah versi aslinya yang juga ikut berubah, baik nama ataupun karakternya. Pun, ada yang dalam versi aslinya tidak ada menjadi ada dalam versi Jawa, atau sebaliknya. Sebagai contoh, dalam pewayangan Jawa, kita mengenal adanya tokoh-tokoh bernama Semar, Togog, Batara Guru, Antareja, Antasena, atau Prabu Niwatakawaca. Padahal, dalam kisah versi aslinya, tokoh-tokoh ini tidak ada.

Unsur kelengkapan dan kelugasan penyajian detail setiap entri jagat wayang dalam buku ensiklopedia mini ini akan sangat membantu para pencinta wayang meluaskan cakrawala pengetahuan pewayangannya dan tidak akan kebingungan membedakan mana cerita wayang versi India dan mana cerita wayang versi Jawa.

Sementara, bagi mereka yang masih awam, buku ini dapat membantu memperkaya pengetahuan tentang tokoh-tokoh wayang secara lebih jauh-tokoh yang mungkin jarang didengar-, terutama tokoh-tokoh dalam versi India.

Selamat  membaca, selamat bertualang ke negeri wayang Jawa dan India sekaligus!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar